Langsung ke konten utama

MASTER CAM X5 : CARA MEMBUAT CETAKAN BOTOL“OLD FORESTER”

Tutorial 3D Master Cam X5 BOTOL“OLD FORESTER”
C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_0.jpg


  • Buka aplikasi Master Cam X5 Anda

C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_5.png
jangan fokus ke lainnya ya gan (y)


  • Pertama pencet tombol F9 untuk mengaktifkan sumbu, lalu buatlah persegi untuk bakalan benda kerja 90x160
C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_1.png

  • Setelah itu Extrude pada persegi tersebut untuk membuat balok
C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_2.png

  • Isikan ukuran lebar benda yang anda inginkan, atau sesuaikan pada gambar

C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_3.png

  • Lalu gambarlah sketch pada persegi tersebut, dengan patokan sesuai sumbu

C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_4.png

  • Langkah berikutnya adalah revolve. Pilihlah benda yang ingin anda revolve. Ikutilah sesuai gambar:

C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_6.png

C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_7.png

Hingga terbentuk seperti ini
C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_8.png

  • Langkah selanjutnya, klik tombol machine type, lalu Mill pada menu pilih default

C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_9.png

  • Jika sudah muncul seperti gambar dibawah, maka proses pembuatan bisa dimulai

  • Pada bagian stock setup, isikan ukuran X,Y,Z benda anda. Yaitu ukuran persegi dan tinggi balok yang anda buat pada step diatas, jika anda sudah melakukan stock setup maka garis pada 3D akan putus putus seperti gambar ke 2

C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_10.png

C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_11.png

  • Setelah itu kita mulai proses pemakanan dalam pembuatan benda, ikutilah proses seperti pada gambar
C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_12.png
Pilih pararel untuk pembuatan zig zag atau pemakanan searah, dapat juga di ubah dalam setting, namun kurang efisien dalam animasi
C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_13.png
Cavity untuk pembuatan cekungan, dan Bross untuk pembuatan cembung
Isikan data sesuai dengan gambar, untuk mempercepat animation
C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_14.png
C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_15.png

C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_16.png

C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_17.png

C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_18.png

  • Apabila sudah, dan sesuai prosedur. Maka ketika klik oke/v akan berubah tampilan benda kerja seperti pada gambar. Atau muncul jalan pisau

C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_19.png

  • Anda bisa menjalankan animasi sesuai pada gambar dibawah

C:\Users\Public\Pictures\Sample Pictures\New folder\Screenshot_20.png

Sekian tutorial pembuatan 3D botol Old Forester yang dimana dapat dimasukan kedalan aplikasi pengolah data yang lain seperti SSCNC dan lain lain. Pada prinsipnya pembuatan extrude dan revolve, serta pembuatan sketch sama seperti pembuatan di Inventor, Cukup sekian saya ucapkan terimakasih. Semoga membantu

PENULIS : ARDIAN ARYASENA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Program pada CNC Lathe ( Mesin Bubut )

Pengenalan Program pada CNC Lathe ( Mesin Bubut ) Ada beberapa kode-kode dasar pada CNC diantaranya adalah: Nomor program : nomor program berupa 4 digit amgka diawali dengan huruf O Contoh : O0112 dalam membuat program harus diawali dengan nomor program  Kode untuk menentukan satuan G20             : Untuk menentukan satuan inch G21             : Untuk menentukan satuan millimeter Kode Home position Biasanya kode Home position dituliaskan dengan: G28 U0 W0; Kode satuan feed rate G98             : Menentukan untuk federate per menit G99             : Menentukan untuk federate per revolution Kode untuk tool Kode untuk tool dituliskan dengan kode  M6 diikuti dengan nomor  tool Nomor tool pada CNC lathe yaitu  T0101, ...

PROSES PEMBUATAN RODA GIGI LURUS( tugas tambahan)

PROSES PEMBUATAN RODA GIGI LURUS Spesifikasi dari roda gigi lurus ini adalah sebagai berikut : modul 1,5 dan Z 30 PERLENGKAPAN ALAT DAN BAHAN : 1.Mesin bubut, mesin frais universal 2.Pisau frais M 1,5 3.Kikir rata halus 4.Jangka sorong 5.Mata bor ø 15 dan ø 16 (mm) 6.Bor senter 7.Mandrel 8.Bahan : Aluminium cor, ø 50 x 38 (mm) TINDAKAN KEAMANAN / KESELAMATAN KERJA 1.Jangan merubah kecepatan mesin ketika mesin dalam keadaan hidup 2.Letakkan semua alat ukur pada tempat yang aman / terpisah pada benda yangkasar. 3.Pakailah alat pelindung mata ketika membubut dan mengetam (mengefrais). 4.Dilarang membersihkan tatal mesin (sisa potongan bahan) pada saat mesin masihhidup. 5.Jangan meninggalkan mesin dalam keadaan hidup. LANGKAH KERJA 1.Chek ukuran bahan dan alat bantu yang diperlukan. 2.Mempersiapkan mesin bubut dan perlengkapannya. 3.Cekam benda kerja dan sisakan ± 3mm,kuatkan. 4.Bubut rata permukaan ujung benda kerja, kemudian lepas. 5.Ceka...

”Tutorial membuat benda 3D pada mastercam X5” “Tempat dudukan telur ayam”

”Tutorial membuat benda 3D pada mastercam X5” “Tempat dudukan telur ayam” A.PERSIAPAN PENGGUNAAN MASTERCAM Persiapan merupakan hal pertama yang harus  dilakukan untuk memulai suatu pekerjaan,pada mastercam pun juga harus dilakukan persiapan supaya dalam proses pembuatan gambar maupun pengerjaan bisa berjalan dengan lancar,maka ikuti langkah-langkahberikut ini: 1.Buka Mastercam X5 pada komputer.klik ICON Mastercam X5 pada desktop /halaman  depan laptop maupun komputer anda. 2.kemudian tekan tombol F9 untuk menampilkan garis sumbu X,Y,dan Z untuk mempermudah proses membuat gambar yang akan dibuat. 3. lalu klik TOP VIEW untuk membuat sket/garis pada bidang  X dan Y,gambar dibawah ini berfungsi untuk mengubah posisi tampilan gambar. B.PROSES PENGGAMBARAN BENDA KERJA Proses penggambaran benda kerja merupakan proses untuk membuatsebuah gambar pada master cam yang sudah di rencanakan pada proses ini kita menghubungkan line,arc,rectangle circle dan lai...